Kamis, 27 Desember 2012

Pengertian bahasa sanskerta

Bahasa Sansekerta adalah salah satu bahasa Indo-Eropa paling tua yang masih dikenal, dan masih menjadi salah satu bahasa resmi di India. Kedudukannya di India adalah lebih kurang sama dengan posisi bahasa Yunani dan Latin di benua Eropa.

Sansekerta (संस्कृतम् saṃskṛtam [səskɹ̩t̪əm], awalnya संस्कृता वाक् saṃskṛtā VAK, "percakapan halus"), adalah sejrah dari bahasa Indo-Arya yaitu bahasa liturgis utama Hindu dan bahasa sastra dan ilmiah dalam Jainisme dan Buddhisme. saat ini bahasa sanskerta telah terdaftar sebagai salah satu dari 22 bahasa yang diresmikan di India dan merupakan bahasa resmi negara bagian Uttarakhand. Sansekerta memegang posisi terkemuka di Indo-Eropa studi. Bahasa sansekerta ini memang peranan penting menjadi salah satu bagian bahasa-bahasa di Asia tenggara seperti bahasa indonesia, bahasa melayu dan lain-lain. sama halnya dengan bahasa latin di eropa.

Bahasa sansekerta kuno / klasik standar bahasa yang harus sama seperti dalam tata bahasa Panini, sekitar abad ke-4 SM. Bahasa sanskerta ini memiliki posisinya dalam budaya India raya yang mirip dengan yang dari bahasa Latin dan Yunani di Eropa dan telah secara signifikan dipengaruhi kebanyakan bahasa modern dari anak benua India, khususnya di India, Pakistan, Sri Lanka dan Nepal.

Bentuk pra-Klasik dari bahasa Sansekerta dikenal sebagai Weda Sansekerta, dengan bahasa Rgveda menjadi tahap paling tua dan paling kuno dan tercatat awal 1500 SM. Bahasa Rigvedic Sansekerta sebagai salah satu yang attestations tertua bahasa Indo-Iran, dan salah satu yang paling awal dibuktikan anggota keluarga bahasa Indo-Eropa, keluarga bahasa yang mencakup bahasa Inggris dan sebagian Eropa.

Korpus bahasa Sansekerta sastra mencakup suatu tradisi puisi dan drama serta ilmiah, teknis, teks filosofis dan dharma. Sansekerta terus digunakan secara luas sebagai bahasa dalam ritual upacara agama Hindu dan praktik Buddhis dalam bentuk himne dan mantra. Lisan Sansekerta masih digunakan di beberapa lembaga tradisional di India dan ada banyak usaha di bidang keagamaan.

Di Republik India, Nepal dan Indonesia, frasa Sansekerta banyak digunakan sebagai motto untuk organisasi pendidikan dan sosial (seperti bahasa Latin yang banyak digunakan oleh beberapa lembaga di Barat). Moto sebuah negara juga terdapat dalam bahasa Sansekerta.

Di Indonesia bahasa sansekerta yang menjadi motto adalah Bhinneka Tunggal Ika, Jalesveva Jayamahe "Di Laut Kita Jaya", dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar